Minggu, 28 Mei 2023

Metode Kerja Pekerjaan Tanah / Earth Work and Earth moving

PEKERJAAN TANAH / EARTH WORK & EARTH MOVING

Didalam pekerjaan konstruksi selalu didahulakan dengan pembuatan metode kerja, hal ini bertujuan untuk dapat mencapai pekerjaan yang efektif dan efisien.

Berikut metode kerja pekerjaan tanah / Earth work & Earth Moving

Diawali dengan pengukuran dengan tujuan pemetaan kontur atau eksisting kondisi tanah asli, sehingga dapat ditentukan kondisi tanah area galian (Cut) atau timbunan (Fill). Pengukuran stake out dan poligon dan dilakukan pembersihan lahan / Land Clearing and grubbing. Alat berat yang lebih cepat dalam pekerjaan pembersihan lahan dengan menggunakan Buldozer. Buldozer memiliki beberapa bentuk Blade (gambar dilampiran) sehingga mempermudah dan mempercepat dalam pekerjaan pembersihan lahan yang dilokasi proyek terdapat banyak pohon-pohon besar. Perhitungan kapasitas produksi Buldozer dapat dilihat dihalaman lampiran.

Pekerjaan Cut and Fill

Dalam pekerjaan penggalian tanah menggunakan alat berat excavator atau Backhoe, skema metode kerja bisa dilihat di gambar lampiran. Kebutuhan alat Excavator dipasangkan dengan kebutuhan Dump Truck dengan memperhatikan kapasitas produksinya, kapasitas produksi excavator, dump truck, cycle time dump truck dan faktor operatornya. Kapasitas excavator dipengaruhi fakor jenis material tanah, kedalaman galian, persyaratan teknis galian, sudut putaran Backhoe, kondisi manajemen, faktor operator (keahlian dan sikap), kondisi mesih backhoe, dan kondisi lokasi lapangan kerja. Perhitungan kapasitas produksi Bucket dapat dilihat dihalaman lampiran.


Baca juga disini Pekerjaan tanah Cut and Fill


Dapat juga dilihat ditabel untuk melihat perkiraan produksi ideal Excavator

produktifitas_excavator
Produktifitas Excavator

Tabel faktor konversi untuk kedalaman pennggalian dan sudut putaran dari excavator

Faktor konversi excavator

Pembuatan akses jalan Dump Truck untuk mobilasasi pengangkutan material tanah dari area galian ke area timbunan atau area buang material tanah. Perawatan jalan akses secara periodik manggunakan Buldozer kecil untuk meratakan tanah yang bergelombang akibat beban roda yang timbul.

Tabel faktor untuk kondisi operator dan kondisi lapangan

faktor_kondisi_operator_dan_lapangan
Faktor kondisi operator dan lapangan

Berikut tabel perkiraan hasil produksi buldozer per jam

produktifitas_buldozer
Produktifitas Buldozer

Menghitung kapasitas produksi Track Loader dapat dilihat di lampiran.

Menghitung kapasitas produksi Wheel Loader dapat dilihat di lampiran.

Menghitung kapasitas produksi Scraper dapat dilihat di lampiran.

Metode galian tanah keras dan tanah Cadas yang lunak

Pada metode galian tanah keras dan tanah Cadas yang lunak dilakukan dengan menggunakan Buldozer, tanah cadas digaruk terlebih dahulu dengan Ripper Buldozer kemudian dipotong dan didorong menggunakan Blade Buldozer itu sendiri (gambar lihat dilampiran).

Pada metode galian tanah Cadas Keras atau Batuan Keras alat yang digunakan menggunakan Jackhammers jika galian tanah tipis, dan apabila galian tanah tebal/ dalam maka menggunakan metode peledakan.

Lebih detailnya dalam metode peledakan lihat di halaman lampiran.

Metode kerja galian tanah untuk pekerjaan jalan

Galian tanah permukaan Subgrade dilakukan dengan menggunakan Buldozer, tanah diangkat ke dalam bak Dump Truck dengan menggunakan Excavator atau Loader. Untuk ketelitian level elevasi pemotongan tanah atau perataan Subgrade dilakukan dengan menggunakan alat berat yaitu Motor Grader (gambar lihat di lampiran).

Penggalian tanah berlumpur menggunakan Swamp dozer. Perbedan Swamp dozer dengan Buldozer terletak pada roda rantainya lebih lebar sehingga tekanan Track terhadap permukaan tanah yang diinjak lebih kecil. Dalam kondisi sawah yang mengandung air, perlu dilakukan pengurasan air dengan menggunakan Submersible Pump agar lumpur tidak terlalu basah dan becek. Tanah galian lumpur dapat digunakan kembali untuk tanah timbunan apabila tanah lumpur sudah kering/dikeringkan dengan dijemur dibawah terik matahari, dan dapat dilakukan pencampuran tanah lumpur kering dengan tanah asli dengan istilah Blending agar kualitas tanah menjadi lebih baik dengan perbandingan tertentu sesuai hasil eksperimen.

Metode kerja galian tanah dibawah muka air tanah dapat dibaca di halaman lampiran.

Metode kerja galian tanah yang Sempit dan dalam dapat dibaca di halaman lampiran.

Metode kerja galian tanah pada area yang sukar untuk manuver alat pengangkut dan pemuatan dapat dibaca di halaman lampiran.

Lampiran dapat di download disini Metode Kerja Pekerjaan Tanah_Earth Work & Earth Moving

Tidak ada komentar:

Posting Komentar