Senin, 13 Maret 2023

AHSP Pekerjaan Kayu 2013

 Harga Satuan Pekerjaan Kayu

Dalam suatu pekerjaan Proyek Pembangunan selalu didahulukan dengan perhitung Rencana Anggaran Biaya, contoh dalam pekerjaan kayu yang terdiri dari beberapa pekerjaan diantaranya pekerjaan kusen. Dalam perhitungan pekerjaan kusen harus memperhitungkan harga satuan bahan kemudian diperlukan koefisien perhitungan upah pekerjaan, kebutuhan bahan dan peralatan. Kebutuhan bahan kayu juga perlu diperhitungkan jenis kayu yang dipakai atau kelas kayu yang akan digunakan. Pekerjaan pembuatan daun pintu, daun jendela juga perlu diperhitungkan analisa-analisa seperti diatas. Berapa ukuran kayu untuk bahan pembuatan kusen? Ada beberapa ukuran yang digunakan oleh tukang kayu, terkadang ukuran sudah sesuai dengan sipembuat gambar/tukang design. Pada umumnya ukuran kusen dengan kayu kelas I menggunakan ukuran 6 cm x 14 cm, apabila menggunakan kayu kelas II dimensi kayu lebih dipertebal agar kekuatannya juga bertambah, umunya menggunakan ukuran 7 cm x 14 cm. Dalam pekerjaan daun pintu akan ada banyak varian bahan yang akan digunakan dan varian kelas kayu yang digunakan. Varian tersebut diantaranya terbuat dari kayu lembaran, kayu panel-panel atau kisi-kisi, pintu plywood, pintu bingkai kayu kombinasi kaca, dll. Ukuran dari pintu-pintu tersebut menyesuaikan dengan ukuran kusennya. Pekerjaan jendela pada umumnya menggunakan bingkai kayu dan ditambah dengan kisi kaca, ukuran jendela ini juga menyesuaikan terhadap kusennya.

Selain pekerjaan kusen, pintu dan jendela juga ada pekerjaan kayu untuk konstruksi kuda-kuda. Kontruksi kuda-kuda ini banyak sekali macam bentuknya atau design kontruksinya. Kontruksi kuda-kuda ada yang tersembunyi ada pula yang terlihat, perlu diperhatikan selain kontruksi kuda-kuda yang kuat juga harus diperhatikan pula keindahan/estetikanya apabila kontruksi kuda-kuda expose. Berapa ukuran kayu untuk bahan konstruksi kuda-kuda? Pada umumnya ukuran kayu bahan kontruksi kuda-kuda yaitu 8 cm x 12 cm. akan tetapi ukuran tersebut bisa bervariasi tergantung berat beban yang akan dipikul kuda-kuda tersebut tergantung bahan atap yang akan dipakai.

Pekerjaan Gording dan Nok juga diperlukan bahan dari kayu, penting dan perlu diperhatikan kualitas bahannya. Dimensi atau ukuran kayu untuk bahan gording tidak beda jauh dengan kayu untuk bahan kontruksi kuda-kuda, akan tetapi dimungkinkan kualitas kayu gording bisa lebih rendah dari pada kualitas kayu untuk kontruksi kuda-kuda. Berapa ukuran kayu untuk bahan Gording? Ukuran kayu bahan untuk gording tidak jauh beda dengan kayu untuk kuda-kuda yaitu 8 cm x 12 cm, dan juga akan bervariasi pula sesuai beban atap yang akan dipakai.

Diatas Gording terdapat rangka atap yang terdiri dari Kaso atau Usuk dan diatasnya lagi terdapat Reng yang terletak langsung dibawah genteng atau penutup atap lainnya. Ukuran Kaso yaitu 5 cm x 7 cm dan ukuran kayu Reng 2 cm x 3 cm. Bahan yang hampir mirip dengan kaso atau usuk yaitu rangka langit-langit atau yang sering disebut plafond, yaitu 5 cm x 5 cm dengan kelas kayu biasanya dibawah dari bahan kaso.

 

Analisa Harga Satuan Pekerjaan Kayu tahun 2013 bisa download disini


Cara download klik tombol panah kanan atas

1 komentar:

  1. terimakasih banget kak informasinya, mungkin kaka juga ingin mengetahui tentang software contract management agar lebih membantu dan mempermudah dalam pengelolaan kontruksi.

    BalasHapus