Minggu, 12 Maret 2023

Bangunan Intake

Pekerjaan Bangunan INTAKE (Raw Water Intake and Pump House)

Bangunan Intake atau Intake Building merupakan bangunan pengambilan air yang terletak di tepi sungai, waduk ataupun danau, yang bertujuan untuk mengalirkan air ke suatu kolam atau penampungan yang selanjutnya dilakukan pengolahan. Intake atau air baku yang sudah dialirkan ke kolam penampungan akan mendapatkan proses pengolahan sehingga outputnya menjadi air bersih.

Apa saja Bangunan Intake yang ada di lokasi pengambilan air baku? Bangunan yang harus ada di lokasi pengambilan air yaitu Bangunan Pintu Air, bangunan pintu air ini akan dihubungkan ke bangunan Water Meter. Untuk apa dipasang Water Meter? Sumber air yang diambil dari sungai, waduk atau danau pasti tidak hanya diambil begitu saja tanpa adanya pengukuran meter air yang masuk ke bangunan intake. Karena air tersebut ada pemiliknya entah dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah ataupun pihak lainnya. Bangunan water meter dibangun untuk meletakkan mesin atau alat pengukuran meter air dari sumber air melalui jalur pipa yang akan dialirkan langsung ke Bangunan Intake.

Selanjutnya ada Bangunan Bak Pengumpul dan Rumah Pompa. Setelah air masuk melalui water meter maka selanjutnya air akan diteruskan ke bangunan bak pengumpul yang bersebelahan dengan bangunan rumah pompa. Bangunan bak pengumpul dilengkapi pula bangunan bak kontrol yang memiliki fungsi yaitu untuk memisahkan sampah-sampah yang terbawa air masuk ke bak pengumpul, karena air yang masuk tidak selalu bersih dari kotoran, misalnya daun ranting-ranting kecil dll. Tidak hanya bak kontrol sebagai tempat menyisihkan/memisahkan kotoran dan sampah-sampah, bak kontrol juga di bantu filter kotoran dari mulai air masuk sudah ada filter kotoran yang terletak di pintu air.

Fungsi Bangunan rumah pompa digunakan untuk memyimpan pompa air bertekanan. Pompa yang digunakan untuk menyedot atau mengambil air di bak pengumpul dengan berbagai bentuk sambungan-sambungan pipa yang kemudian diteruskan ke kolam penampungan. Pekerjaan bangunan intake ini tidak terlepas dari pekerjaan Mekanikal dan Elektrikal, karena banyak komponen-komponen pipa, pengelasan, aksesoris-aksesoris mekanikal elektrikal, panel-panel listrik, instalasi listrik dll yang harus dipasang.

Bangunan yang lain sebagai pendukung yaitu rumah Gardu PLN yang berfungsi untuk menjalankan mesin-mesin pompa dan peralatan lain yang menggunakan daya listrik. Rumah Genset digunakan untuk listrik emergency apabila listrik PLN mati, rumah genset juga harus dilengkapi dengan tanki bahan bakar berkapasitas isi tertentu sesuai kebutuhan. Rumah untuk penjaga/satpam, tempat workshop dan gudang. Selain bangunan juga ada pekerjaan saluran-saluran, tempat pembuangan atau septic tank, kemudian pekerjaan akses jalan, pagar pengaman dan pekerjaan-pekerjaan lain untuk pendukung bangunan.

Berikut adalah gambaran sederhana bangunan intake, akan tetapi praktiknya bangunan intake adalah bangunan yang digunakan untuk pembangunan skala besar misalnya pengambilan air yang digunakan untuk kebutuhan masyarakat banyak, untuk air PDAM, untuk pembangunan kawasan atau untuk pabrik yang membutuhkan air bersih cukup banyak.

Sekian, apabila ada yang kurang jelas silahkan berikan komentar dibawah. Terimakasih kepada teman-teman pembaca, semoga ilmu ini bermanfaat.

Baca juga artikel yang lain di https://tentangduniasipil.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar