Kamis, 02 Februari 2023

Jurusan teknik sipil – prospek kerja kedepan

 

Kenapa memilih jurusan Teknik Sipil?

Jurusan Teknik sipil, diantaranya yang dipelajari yaitu tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi. Bukan hanya gedung dan infrastruktur akan tetapi mencakup lingkungan hidup untuk kemaslahatan umat manusia. Ruang lingkup Teknik sipil sangat luas, di dalamnya terkandung pengetahuan Fisika, Matematika, Biologi, Kimia, Geologi, Lingkungan, dll. Teknik sipil berkembang sejalan dengan tingkat kebutuhan hidup manusia dan pergerakannya, selama masih ada kehidupan manusia akan selama itu juga ilmu teknik sipil dibutuhkan.

Jurusan teknik sipil merupakan salah satu jurusan yang peminatnya banyak karena memiliki peluang karir yang dapat diharapkan di masa yang akan datang. Lulusan teknik sipil akan selalu dibutuhkan atau dicari di berbagai lokasi proyek pembangunan fisik maupun infrastruktur. Bidang teknik sipil bisa bekerja di instansi pemerintahan, selain itu dapat bekerja di kontraktor, konsultan atau justru mendirikan perusahaan konstruksi sendiri. Fleksibilitas ini menjadi salah satu alasan mengapa jurusan ini banyak diminati.

 Mengenal Lebih Dalam Jurusan Teknik Sipil

Seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang teknik sipil akan banyak bekerja dan memiliki peranan tanggung jawab pada pembangunan fasilitas fisik dan infrastruktur di masa-masa saat ini. Banyak tugas yang dapat dikerjakan bagi mereka yang punya skills dibidang teknik sipil seperti membangun struktur bangunan gedung, bangunan air, pembangunan jalan, jembatan yang memiliki manfaat besar bagi kehidupan manusia. 

Kemanpuan ilmu dasar yang dibutuhkan berupa matematika, dan sejenisnya juga membutuhkan kemampuan analitis dan logika yang tinggi karena mengingat hal tersebut sangat diperlukan dalam bidang engineering. Selain itu juga akan dibutuhkan kemampuan manajemen, keterampilan memimpin tim ketika dalam mengelola proyek.

 Lulusan teknik sipil banyak bekerja sebagai kontraktor atau konsultan yang berkaitan dengan proyek pengerjaan bangunan dan infrastruktur. Selain itu, lulusan teknik sipil juga bisa memiliki spesialis perhitungan struktur, perhitungan analisa gempa, hal yang berkaitan dengan tanah dan sebagainya.

Mau tau mata kuliah Teknik Sipil apa saja? baca juga disini Mata kuliah Teknik Sipil

 Modal penting yang membuat seseorang dapat mengambil bidang teknik sipil antara lain:

1. Memiliki kemampuan akademis yang baik dan menyukai matematika. Hal ini disebabkan ada banyak mata kuliah yang berkaitan dengan ilmu hitung.

2. Suka terhadap tantangan, bekerja diproyek berarti siap bekerja bagaimanapun kondisinya. Karena proyek yang baru dimulai tidak selalu ditempat yang nyaman akan tetapi bisa jadi lokasi proyek didalam hutan masih jauh dengan lingkungan penduduk ataupun perkotaan.

3. Punya motivasi berkontribusi bagi pembangunan dan kemajuan umat manusia. Mereka yang terlibat dalam pembangunan proyek-proyek infrastruktur mempunyai jasa yang besar bagi kemajuan kehidupan umat manusia.

4. Memiliki keterampilan bergaul serta bekerjasama dalam tim. Kemampuan ini merupakan sesuatu yang harus dimiliki karena seorang insinyur teknik sipil akan menjadi bagian dari sebuah tim besar ketika sedang mengerjakan sebuah proyek. Kemampuan bekerja sama dan menjaga hubungan baik dengan seluruh anggota tim menjadi kebutuhan mendasar yang diperlukan.

 Apa alasan memilih Jurusan Teknik Sipil?

Hal-hal yang dapat dijadikan alasan mengapa seseorang perlu mempertimbangkan jurusan teknik sipil, yaitu sebagai berikut:

1. Peluang Sukses Besar

Teknik sipil merupakan ilmu yang terlibat langsung dalam pembangunan infrastruktur yang akan terus berkembang di masa-masa mendatang. Lingkup ilmu ini sangat luas sehingga bisa dilibatkan di dalam bermacam-macam jenis proyek pembangunan dan industri. Sebuah proyek konstruksi akan memerlukan insinyur sipil yang bertugas mengerjakan desain proyek hingga melakukan pengawasan pembangunan konstruksi. Oleh karena itu di dunia ini masih akan terus membutuhkan pembangunan konstruksi gedung, bangunan air, jalan toll, kawasan industri, rumah tinggal, pembangunan perumahan hingga sarana untuk kebutuhan transportasi, dll.

Prospek kerja bidang teknik sipil sangat luas, selain bisa menjadi kontraktor, lulusannya juga bisa menjadi dosen, peneliti, konsultan perencana, konsultan pengawas dan sebagainya. Lulusan teknik sipil akan tetap selalu dibutuhkan, terutama di negara berkembang seperti Indonesia yang masih butuh pembangunan fisik dan infrastruktur yang lebih banyak dan lebih baik lagi ke depannya.

2. Pekerjaan dibutuhkan secara Global

Pembangunan infrastruktur atau fisik tidaklah di dominasi oleh daerah atau negara tertentu. Oleh karena itu hal ini menjadi salah satu alasan mengapa memilih jurusan teknik sipil dapat menjadi peluang untuk bekerja di negara asing atau perusahaan asing. Keilmuan di bidang teknik sipil dan kemampuan berbahasa asing menjadi perpaduan sehingga bisa menjadi kunci bekerja di perusahaan asing dan mengerjakan proyek di berbagai wilayah/negara.

3. Peluang Kerja di Sektor Private

Peluang yang bisa diambil oleh lulusan teknik sipil untuk bekerja di sektor private. Semakin banyak perusahaan yang mengembangkan bisnis utamanya di bidang pengembangan kawasan industri dan juga pembangunan perumahan. Setiap pekerjaan proyek pengembangan atau pembangunan dan juga konstruksi akan selalu membutuhkan lulusan teknik sipil guna melakukan perencanaan hingga pekerjaan pengawasan pembangunannya.

Sektor private ini merupakan salah satu bidang yang mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan perkembangan yang besar ini mampu memberikan banyak kesempatan dan peluang kerja yang bisa diambil oleh lulusan teknik sipil.

4. Peluang Kerja di sektor Publik

Peluang yang juga dapat diambil oleh lulusan teknik sipil adalah dapat bekeraja di kawasan pembangunan umum. Sudah menjadi hal yang biasa proyek terbuka oleh publik bahwa instansi pemerintah memiliki begitu banyak program pengembangan infrastruktur dan pembangunan fisik di seluruh daerah. Sektor publik merupakan salah satu lahan yang menyerap banyak lulusan teknik sipil.

 5. Memberikan perpaduan pengetahuan, keterampilan dan kreativitas    

Pekerjaan di bidang teknik sipil memberikan sesuatu yang menantang karena adanya perpaduan antara ilmu pengetahuan, keterampilan dan juga kreativitas. Misalnya seorang insinyur teknik sipil yang spesialisasi arsitektur bangunan dituntut harus kreatif tanpa meninggalkan dasar-dasar ilmu pengetahuan teknik sipil yang dimilikinya. Dituntut mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang timbul dalam kebutuhan konstruksi dan bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukan.

6. Menghasilkan Karya

Insinyur teknik sipil yang mengerjakan proyek-proyek besar atau mega proyek dapat menjadi bagian dari pembangunan yang akan dipergunakan selama bertahun-tahun. Gedung-gedung, jalan toll, jembatan dan bangunan-bangunan lainnya dapat menjadi bagian dari karya/sejarah dalam keterlibatan pembangunannya.

 7. Fleksibel bekerja antara dikantor dan lapangan

Kelebihan dari pekerjaan di bidang teknik sipil adalah bisa menghindari pekerjaan di ruangan. Mereka yang tidak suka pekerjaan di kantor ber-AC dan lebih nyaman bekerja di luar ruangan sangat cocok masuk ke jurusan teknik sipil karena dapat bekerja di lapangan atau di lokasi proyek. Bekerja di lapangan dalam pekerjaan proyek konstruksi dapat menjadi pilihan yang menantang tidak membosankan dan sekaligus menjadi pekerjaan yang menyenangkan.

 8. Memiliki cita-cita menjadi insinyur sipil

Ada beberapa orang yang memang memiliki latar belakang keluarga dari lulusan teknik sipil, akan tetapi lebih banyak lagi orang-orang dari keluarga umum yang masuk teknik sipil karena sudah memiliki cita-cita menjadi insinyur teknik sipil.

 

Dari beberapa alasan diatas dapat disimpulkan bahwa teknik sipil merupakan bidang yang sangat banyak dibutuhkan di dunia konstruksi dan juga memiliki banyak tantangan. Dibutuhkan kemampuan hitung, analisa, ketelitian dan ketekunan dalam bekerja sehingga mampu menjadikan sebuah proyek besar dan penting menjadi sebuah tekanan serta tantangan yang berat bagi insinyur teknik sipil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar